Rabu, 22 Agustus 2012

rpp memproses transaksi keuangan dengan EEK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           
Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / Gasal
Alokasi waktu                       :   2 JAM @ 45’ 
Pertemuan ke-                       :   1
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Memproses Transaksi Keuangan Perusahaan Jasa
Indikator                                :  
1.         Mendiskripsikan tentang perusahaan
2.         Mendeskripsikan tentang transaksi keuangan
3.         Mendeskripsikan siklus akuntansi 


I.       Tujuan Pembelajaran    :
Siswa didik dapat           
1)      Menjelaskan pengertian  perusahaan dengan benar
2)      Mengidentifikasi jenis-jenis perusahaan dengan benar
3)      Mengidentifikasi bentuk-bentuk Badan Usaha dengan benar
4)      Menjelaskan pengertian transaksi keuangan dengan benar\
5)      Mengidentifikasi jenis-jenis transaksi keuangan dengan benar
6)       Menyebutkan proses dalam siklus akuntansi dengan benar

II.       Materi Ajar                 :     
·           pengertiani perusahaan
·           Jenis-jenis perusahaan
·           bentuk – bentuk Badan Usaha
·           pengertian transaksi keuangan
·           jenis-jenis transaksi keuangan
·           proses / siklus Akuntansi
Materi ajar selengkapnya dalam Modul 1 Mengelola Dana Kas Kecil.

  
III.    Metode Belajar                   :   Terpadu
                                               Pendekatan : CTL (Constextual Teaching and Learninng)
                                               Metode        : ceramah, Tanya jawab, diskusi, unjuk kerja & penugasan
IV.    Langkah Pembelajaran    


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o   Guru mempersiapkan siswa didik agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, memberi pertanyaan stimulant dsb
o   Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dan pentingnya materi ajar dalam kehidupan ekonomis dan sosial
.



10’
o   Pendekatan CTL
Kegiatan inti
Eksplorasi :

o   siswa mencoba menjawab  beberapa pertanyaan stimulan dari guru tentang pengertian perusahaan, transaksi keuangan dan siklus akuntansi berdasarkan apa yang mereka alami dan amati dalam keseharian.
o   Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang deskripsi perusahaan, bentuk-bentuk perusahaan, perbedaan perusahaan dengan pekerjaan bebas , transaksi dan siklus akuntansi .

Elaborasi :

o   Guru meminta siswa membentuk kelompok kecil (4 orang) dan  meminta setiap kelompok untuk mengidentifikasi:
*      perusahaan yang termasuk perusahaan jasa, dagang, industrik
*      bentuk perusahaan PT, CV dsb.
*      Transaksi dan jenis-jenisnya
*      Proses siklus akuntansi
o   Guru menunjuk dua kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain menanggapi

Konfirmasi

o   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang hasil kerjanya bagus dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi kelompok yang hasil kerjanya kurang bagus
o   Dipimpin oleh guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi sesuai dengan indikator belajar  yang harus dicapai.



      10’





20’







25’









10’






5’


Tanya jawab
Ceramah













Diskusi







Unjuk kerja






Ceramah




Kegiatan Akhir

o   Siswa diminta menjawab soal pendek tertulis
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah yaitu merapikan dan membuat rangkuman hasil diskusi semua kelompok sehingga masing2 siswa memiliki rekaman yang lengkap terhadap semua materi yang telah dibahas.


o   10 ’

Penugasan







V.     Alat, Bahan dan Sumber belajar :
A.
Alat                    : papan tulis, Alat tulis, Laptop, LCD Proyektor
B.
C.
Bahan                : materi dgn power poin
C.     Sumber Belajar : Dasar – dasar akuntansi A,
Akuntansi Untuk SMTA Buku 1, Soemarso S.R. dan Amir A.J,     Salemba Empat, Jakarta, 1988
Modul Mengelola Dana Kas Kecil


VI. Penilaian Hasil belajar

1.      Prosedur Penilaian:
Penilaian  sikap/proses dilakukan dengan chek list 
Penilaian pengetahuan dan keterampilan dinilai dengan tes tertulis dalam bentuk essay.
2.      Instrumen Penilaian proses / perilaku / sikap :

No
Nama Siswa
Perilaku / sikap
Nilai
Ket


Kerja
sama
Inisiatif
Perhatian
sistematis



















Norma penilaian:

Kolom perilaku diisi dengan:
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Kolom Nilai:

Nilai =    S skor       . x 100
              S skor max

Kolom Keterangan 

Nilai:
91 - 100 = A
75 -   90 = B
65 -   74 = C
50 -   59 = D
  0 -   49 = E


3.      Instrumen Penilaian Hasil belajar

Jawablah soal di bawah ini dengan benar:
1)      Apakah yang dimaksud dengan perusahaan?
2)      Sebut dan jelaskan jenis-jenis perusahaan dengan benar
3)      Sebut dan jelaskan 3 bentuk Badan Usaha dengan benar
4)      Apa yang dimaksud dengan transaksi keuangan?
5)      Berdasarkan pengertian dari transaksi keuangan, peristiwa di bawah ini yang termasuk transaksi keuangan adalah:
a.       Tanggal 16 Agustus 2012 terjadi bencana kebakaran di Pasar Kliwon Surakarta yang menyebabkan kerugian ratusan juta rupiah
b.      Tanggal 17 Agustus 2012 dibeli mobil Volks Wagen dari CV ESTI Surakarta untuk kepentingan transport barang-barang dagangan seharga Rp. 250.000,00.
c.       Tanggal 31 Agustus mobil milik Direktur PT MAJU  Surakarta seharga Rp 500.000.000,00
6)      jelaskan proses / langkah-langkah dalam siklus akuntansi ?


Norma penilaian : setiap jawaban benar diberi skor 10.

                                             Jumlah skor 
                              Nilai =   ----------------- x  100
                                             Jml skor max 

KUNCI JAWABAN:
1.      perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang yang kegiatannya adalah melakukan produksi guna memenuhi kebutuhan ekonomi manusia. Hasil produk bisa berupa barang atau jasa.
2.      Jenis-jenis perusahaan adalah sebagai berikut:
a.       Perusahaan jasa, yaitu perusahaan yang kegiatannya menjual jasa, contoh: kantor akuntan, kantor pengadara, tukang cukur, tukang jahit dsb
b.      Perusahaan dagang, yaitu perusahaan yang kegiatannya membeli barang dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan lagi, contoh: dealer, toko kelontong, toko buku dsb
c.       Perusahaan manufaktur / pabrik, yaitu perusahaan yang kegiatanny mengolah bahan baku menjadi bahan jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut. Contoh: pabrik roti, pabrik sepatu, pabrik rokok dsb.
3.      3 bentuk Badan Usaha:
a.       Perusahaan perseorangan, adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perseorangan
b.      Perusahaan terbatas, yaitu badan hukum terpisah yang dibentuk berdasarkan hukum, dimana  pemiliknya dibagi dalam saham-saham
c.       Koperasi, adalah kumpulan dari orang – orang untuk melakukan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.
4.      Transaksi keuangan adalah peristiwa yang terjadi baik di dalam atau di luar perusahaan yang menyebabkan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan.
5.      Dari 3 kejadian dalam soal no 5 yang termasuk transaksi keuangan adalah transaksi yang (b)





6.      Proses/ langkah-langkah dalam siklus akuntansi:



 








Pemakai lap. keuang
 
                          Pemrosesan dan pelaporan                                            
                        
            Pengidentifikasian
            & pengukuran data

                                                                                        Pengkomunikasian
                                                                                               laporan


                                   
Mengetahui
Kepala Sekolah,


Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,     Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,



Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009




















.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           
Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / Gasal
Alokasi waktu                       :   4 JAM @ 45’ 
Pertemuan ke-                       :   2,3
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Memproses Transaksi Keuangan Perusahaan Jasa
Indikator                                :  
4.         Membuat format PDA
5.         Mecatat transaksi keuangan dalam PDA
6.         Menyusun laporan keuangan dari PDA

I.       Tujuan Pembelajaran    :
Siswa didik dapat           
  1. Mendeskripsikan pengertian dari Persamaan Dasar Akuntansi dengan benar
  2. Membuat format PDA dengan benar
  3. Mencatat transaksi keuangan dalam PDA
  4. Menyebutkan macam – macam laporan keuangan
  5. Membuat form laporan keuangan yang terdiri dari Neraca, Lap. L/R dan Lap. Perubahan Equity
  6. Membuat laporan keuangan yang terdiri dari Neraca, Lap. L/R dan Lap. Perubahan Equity berdasarkan dari dari PDA dengan tepat

II.       Materi Ajar :              
  1. Persamaan Dasar Akuntansi
2.      pencatatan  transaksi keuangan dalam PDA
3.      penyusunan laporan keuangan dari PDA

Materi ajar selengkapnya terdapat dalam Modul 1 Mengelola Dana Kas Kecil  

 
III.                 Metode Belajar                       :           Terpadu
             Pendekatan                                : CTL (Constextual Teaching and Learninng)
      Metode                                     : Demonstrasi , diskusi


Pertemuan 2

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
a. mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran, Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran
b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengait­kan pengetahuan sebelumnya yaitu tentang transaksi keuangan dengan materi yang akan dipelajari
c. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus
o   10’
o   Pendekatan CTL  dengan teknik Demonstrasi
Kegiatan inti
Eksplorasi :
o   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/PDA
o   Siswa memperhatikan pada saat guru mendemonstrasikan cara mencatat setiap jenis transaksi ke dalam format PDA.
o   memfasilitasi peserta didik untuk melakukan apa yang telah didemonstrasikan oleh guru terhadap transaksi sejenis yang lain.
Elaborasi :
o   Guru meminta siswa membentuk kelompok kecil (4 orang) dan memberikan soal transaksi keuangan untuk didiskusikan tentang pencatatannya dalam format PDA
o   Guru meminta satu kelompok (dengan tawaran terbuka atau tunjukan acak) untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain mencermati dan memberikan respon
Konfirmasi
o   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  isyarat, maupun hadiah terhadap kelompok yang hasil kerjanya sesuai target
o   guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan
o   Memberi dorongan agar peserta didik bereksplorasi Iebih jauh dengan mencoba mengerjakansoal yang berbeda fariasi dari berbagai sumber
o   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok


20’












20’




15





10

Demonstrasi













Diskusi




Unjuk kerja








Kegiatan Akhir
o   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
o   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsis­ten dan terprogram
o   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
o    
o   menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya yaitu tentang pembuatan Laporan Keuangan dari data PDA
o   10 ’
Penugasan

Ceramah

Pertemuan 3


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
d. mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses   pembelajaran, Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran
e. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengait­kan pengetahuan sebelumnya yaitu tentang  Persamaan Dasar Akuntansi dengan materi yang akan dipelajari
f.  menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai  silabus

o   10’
o   Pendekatan CTL  dengan teknik Demonstrasi
Kegiatan inti
Eksplorasi :
o   melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik Pembuatan Laporan Keuangan
o   Siswa memperhatikan pada saat guru mendemonstrasikan cara Membuat Laporan Keuangan dari PDA
Elaborasi :
o   Guru meminta siswa membentuk kelompok kecil (4 orang) dan memberikan data PDA  untuk didiskusikan tentang penyajian Laporan Keuangan dari PDA tsb
o   Guru meminta satu kelompok (dengan tawaran terbuka atau tunjukan acak) untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain mencermati dan memberikan respon
Konfirmasi
o   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  isyarat, maupun hadiah terhadap kelompok yang hasil kerjanya sesuai target
o   guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan
o   Memberi dorongan agar peserta didik bereksplorasi Iebih jauh dengan laporan keuangan suatu perusahaanyang tersedia di berbagai media dan berbagai fariasi
o   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok



20’












20’




15





10

Demonstrasi













Diskusi




Unjuk kerja








Kegiatan Akhir
o   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
o   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsis­ten dan terprogram
o   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layan­an konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
o   menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya yaitu Ulangan Harian / tes
o   10 ’






V.
Alat, Bahan dan Sumber belajar :


A.
Alat ; Papan tulis, Alat tulis, Komputer, Printer, LCD Proyektor


B.
Bahan : Kertas, tinta dan paket soal


C.
Sumber Belajar :
· Akuntansi untuk SMTA Buku 1, Soemarso SR & Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta, 1993,
· Modul Mengelola dana kas kecil, Dwi Wahyuni, SPd., SMK N 3 Ska
· Buku lain yang relevan




VI. Penilaian Hasil belajar

1.      Prosedur Penilaian:
a.       Penilaian  sikap/proses dilakukan dengan chek list 
b.      Penilaian pengetahuan dan keterampilan dinilai dengan tes tertulis dalam bentuk essay.

2.      Instrumen Penilaian proses / perilaku / sikap :

No
Nama Siswa
Perilaku / sikap
Nilai
Ket


Jujur
Teliti
Krjasama
Sistematis
TJ





















Norma penilaian:



Kolom perilaku diisi dengan:
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik



Kolom Nilai:

Nilai =    S skor       . x 100
              S skor max

Kolom Keterangan 

Nilai:
91 - 100 = A
75 -   90 = B
65 -   74 = C
50 -   59 = D
  0 -   49 = E








PENILAIAN HASIL BELAJAR
Jawablah soal di bawah ini dengan benar
1.      Jelaskan pengertian dari Persamaan Dasar Akuntansi
2.      Sebutkan macam – macam laporan keuangan
3.      Transaksi keuangan berikut ini susunlah dalam bentuk PDA  dan susunlah laporan keuangannya:
a)      Tanggal 2 Januari 2012, Rafanda menyetor Rp 40.000.000 pada rekening terpisah untuk mendirikan PO RAFANDA sebuah perusahaan jasa angkutan.
b)      Tanggal 5 Januari 2012  PO RAFANDA menerima pinjaman dari BANK sebesar Rp. 50.000.000
c)      Tanggal 7 Januari 2012  membeli modil dan peralatan lain secara tunai dengan harga Rp. 74.000.000
d)      Pada tanggal 8 januari 2012 membeli secara kredit oli, minyak rem dan bermacam-macam perlengkapan lain seharga Rp. 650.000
e)      Pada tanggal 16 Januari 2012 membayar utang sebesar Rp 300.000
f)       Pendapatan jasa angkutan yang diterima sampai dengan tanggal 31 Januari 2012 sebesar Rp. 8.000.000
g)      Biaya-biaya yang dibayar sampai dengan tanggal 31 Januari 2012 sebesar Rp. 3.000.000 dengan rincian sebagai berikut:
a.      Gaji                                1.750.000
b.     Bensin                              500.000
c.      Makanan dan minuman    250.000
d.     Serba-serbi                        500.000
Total                              3.000.000
h)      Tanggal 31 januari 2012 membayar cicilan utang sebesar Rp 1.500.000
i)        Tanggal 31 Januari 2012 Tuan Rafanda mengambl uang dari perusahaan sebesar Rp. 1.000.000 untuk keperluan pribadinya.

Norma penilaian : setiap jawaban benar diberi skor 10.

                                             Jumlah skor 
                              Nilai =   ----------------- x  100
                                             Jml skor max 

KUNCI JAWABAN
1.           Persamaan Dasar Akuntansi adalah suatu persamaan yang menunjukkan bahwa jumlah nilai kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan akan selalu sama dengan sumber pembelanjaanya.  Secara formal bentuk persamaan dasar akuntansi adalah:
AKTIVA  = KEWAJIBAN  +  MODAL
2.        Macam-macam laporan keuangan:
a.       Neraca
b.      Laporan Laba / Rugi
c.       Laporan Perubahan Modal / Equitas
3.            



Mengetahui
Kepala Sekolah,




Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,     Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,





Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           

Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / gasal
Alokasi waktu                       :   4 jam @ 45’ (2 x pertemuan)
Pertemuan ke-                       :   5,6
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Memproses transaksi keuangan perusahaan jasa
 Indikator                               :  
8.         Mengidentifikasi jenis-jenis dokumen transaksi
1.         Menganalisis bukti transasksi
2.         Mengetahui cara pengisian bukti-bukti transaksi keuangan

I.       Tujuan Pembelajaran    :

Peserta  didik dapat         :
  1. Mengidentifikasi dokumen / bukti transaksi keuangan (kwitansi, faktur, cek, giro/bilyet,nota kontan, nota debet, nota kredit dsb) dengan benar
  2. Menganalisis bukti transaksi: intern / ekstern dengan akurat
  3. Menganalisis bukti transaksi : material / legal dengan akurat
  4. Mengetahui cara pengisian bukti transaksi

II.       Materi Ajar                 :     

·           Macam-macam bukti/dokumen  transaksi keuangan perusahaan
·           cara melakuan analisis terhadap bukti transaksi
·           cara mengisian bukti transaksi
(Materi ajar selengkapnya ada dalam modul 1 Mengelola dana kas kecil)
 
III.                 Metode Belajar                       :           Terpadu
                                               Pendekatan :  Model Pembelajaran Kooperatif
                                               Metode        : JIGSAW

IV.    Langkah Pembelajaran    

Pertemuan 5


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran

Kegiatan awal
o   Guru mempersiapkan siswa didik agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, memberi pertanyaan stimulant dsb
o   Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dan pentingnya materi ajar dalam kehidupan ekonomis dan sosial
o   10’


Kegiatan inti
Eksplorasi :
o   siswa mencoba menjawab  beberapa pertanyaan stimulan dari guru tentang macam-macam bukti transaksi berdasarkan apa yang mereka alami dan amati dalam keseharian.
o   Siswa memperhatikan penjelasan singkat dari guru metode JIGSAW yang akan digunakan dalam PBM

Elaborasi :
o   Guru meminta siswa membentuk kelompok kecil (4 orang)  
o   Materi dibagi ke dalam 4 bagian (dimana setiap siswa dalam kelompok mempelajari 1 bagian.
o   siswa yang mendapat bagian sama berkumpul dalam kelompok pakar, jadi kelas akan terbagi ke dalam  4 kelompok pakar
o   Setelah selesai berdiskusi di kelompok pakar, siswa kembali ke kelompok asal masing-masing
o   Di kelompok asal, setiap siswa menjelaskan materi yang telah dia pelajari di kelompok pakar, dengan demikian otomatis setiap siswa akan mendapat giliran bicara dan  setiap siswa akan menguasai seluruh kompetensi yang dipelajari.

Konfirmasi
o   memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,  isyarat, maupun hadiah terhadap kelompok yang hasil kerjanya sesuai target
o   guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan
o   Memberi dorongan agar peserta didik bereksplorasi Iebih jauh dengan mencari materi di berbagai media
o   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok


10’









45’




















10

Tanya jawab









Diskusi
Model JIGSAW














Kegiatan Akhir
o   siswa mengerjakan tes
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah yaitu merapikan dan membuat rangkuman hasil diskusi semua kelompok sehingga masing2 siswa memiliki rekaman yang lengkap terhadap semua materi yang telah dibahas.

o   15 ’





V.

Alat, Bahan dan Sumber belajar :

A.
Alat ; Papan tulis, Alat tulis, Komputer, Printer, LCD Proyektor

B.
Bahan : Kertas, tinta dan paket soal

C.
Sumber Belajar :
· Akuntansi untuk SMTA Buku 1, Soemarso SR & Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta, 1993,
· Modul Mengelola dana kas kecil, Dwi Wahyuni, SPd., SMK N 3 Ska
· Buku lain yang relevan







VI.
Penilaian Hasil Belajar







                       


VI. Penilaian Hasil belajar

3.      Prosedur Penilaian:
a.       Penilaian  sikap/proses dilakukan dengan chek list 
b.      Penilaian pengetahuan dan keterampilan dinilai dengan tes tertulis dalam bentuk essay.

4.      Instrumen Penilaian proses / perilaku / sikap :

No
Nama Siswa
Perilaku / sikap
Nilai
Ket


Jujur
Teliti
Krjasama
Sistematis
TJ





















Norma penilaian:



Kolom perilaku diisi dengan:
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik



Kolom Nilai:

Nilai =    S skor       . x 100
              S skor max

Kolom Keterangan 

Nilai:
91 - 100 = A
75 -   90 = B
65 -   74 = C
50 -   59 = D
  0 -   49 = E







PENILAIAN HASIL BELAJAR
Jawablah soal di bawah ini dengan benar

1.     Apa yang membedakan antara nota dengan faktur sebagai dokumen fisik transaksi keuangan?
2.     Informasi apa sajakah yang dapat diketahui dalam faktur?
3.     Apa sajakah syarat yang harus dipenuhi suatu bukti transaksi agar sah secara legal dan material
4.     Apa yang dimaksu dengan bukti transaksi intern dan ekstern
5.    Buatlah bukti transaksi yang tepat dengan data sebagai berikut:
Dibeli secara kredit lima buah mesin faksimile merek Panasonik CX 5567BZ seharta @ 1.250.000,00 oleh CV SEJAHTERA Jl.. Slamet Riyadi 456 Surakarta tanggal 15 Agustus 2012 pada Toko Mulia Elektronik, Jl. Slamet Riyadi 123 Surakarta.  Untuk nama personil yang harus menandatangani bukti transaksi tersebut silakan dikarang sendiri.

Norma penilaian : setiap jawaban benar diberi skor 10.

                                             Jumlah skor 
                              Nilai =   ----------------- x  100
                                             Jml skor max 

Mengetahui
Kepala Sekolah,


Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,    Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,



Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           

Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / Gasal
Alokasi waktu                       :   6 jam @ 45’ (3 x pertemuan)
Pertemuan ke-                       :   7,8,9
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Memproses Transaksi Keuangan Perusahaan Jasa
Indikator                                :  
10.         mengenal AKUN / PERKIRAAN
11.         mengerti aturan Debit dan Kredit dan saldo  normal
12.         Mencata transaksi ke dalam jurnal umum


       
I.            Tujuan Pembelajaran        :

Siswa didik dapat              :
1)        Mendeskripsikan AKUN/Perkiraan
2)        Menjelaskan aturan debit dan kredit untuk Akun aktiva, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya
3)        Mengidentifikasi akun yang terpengaruh oleh suatu bukti transaksi keuangan dengan akurat
4)        Mendeskripsikan tentang jurnal umum
5)        Mencatat transaksi keuangan dalam jurnal umum
                                                                                                                          
II.       Materi Ajar                 :     
·           Mengidentifikasi perkiraan / Akun
·           Mekanisme debit dan kredit
·           Jurnal umum

 
III.                 Metode Belajar                       :           Terpadu
                              Pendekatan : CTL (Constextual Teaching and Learninng)
Metode                                                        : ceramah, Tanya jawab, diskusi, unjuk kerja & penugasan
IV.    Langkah Pembelajaran               


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o   Guru mempersiapkan siswa didik agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, memberi pertanyaan stimulant dsb
o   Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dan pentingnya materi ajar dalam kehidupan ekonomis dan sosial
10’

Kegiatan inti
Eksplorasi :
o   siswa mencoba menjawab  beberapa pertanyaan stimulan dari guru tentang AKUN dan pencatatan transaksi keuangan dalam jurnal umum berdasarkan apa yang mereka alami dan amati dalam keseharian.
o   Siswa memperhatikan penjelasan singkat dari guru metode tentang metode yang akan digunakan dalam PBM

Elaborasi :
o   Guru meminta siswa membentuk kelompok kecil (5 orang)  
o   Setiap kelompok diberikan Lembar Kerja Akademik tentang penguasaan materi AKUN dan pencatatan dalam jurnal umum untuk menguasai bahan ajar melalui tanya jawab atau diskusi antar sesama anggota tim
o   Waktu yang diberikan adalah 3 x pertemuan
o   Pada setiap pertemuan akan diadakan evaluasi baik secra individual atau tim untuk mengetahui penguasaan terhadap bahan akademik yang telah dipelajari
o   Tiap siswa dan tiap kelompok diberi skor atas penguasaan terhdap bahan ajar.
Konfirmasi
o   guru berfungsi sebagai narasumber dan fasilita­tor dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan
o   Tiap siswa atau kelompok yang meraih prestasi tinggi / sempurna diberi penghargaan.
o   Bisa jadi semua siswa / semua kelompok mendapat penghargaan jika mampu meraih suatu kriteria / standar tertentu
o   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok
o   Memberi dorongan agar peserta didik bereksplorasi Iebih jauh dengan mencari materi di berbagai media


10’









45’




















10’

Tanya jawab









Diskusi
Model STAD













Kegiatan Akhir
o   siswa mengerjakan tes
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah yaitu merapikan dan membuat rangkuman hasil diskusi semua kelompok sehingga masing2 siswa memiliki rekaman yang lengkap terhadap semua materi yang telah dibahas.

15 ’





V.
Alat, Bahan dan Sumber belajar :


A.
Alat ; Papan tulis, Alat tulis, Komputer, Printer, LCD Proyektor


B.
Bahan : Kertas, tinta dan paket soal


C.
Sumber Belajar :
· Akuntansi untuk SMTA Buku 1, Soemarso SR & Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta, 1993,
· Modul Mengelola dana kas kecil, Dwi Wahyuni, SPd., SMK N 3 Ska
· Buku lain yang relevan



Mengetahui
Kepala Sekolah,



Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,    Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           

Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / Gasal
Alokasi waktu                       :   6 jam @ 45’
Pertemuan ke-                       :   10,11
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Mempersiapkan administrasi kas kecil
Sub Kompetensi                               1.1  Pemrosesan data transaksi kuangan
Indikator                                :  
1)      Apabila diperlukan pembayaran, dokumennya diperiksa terlebih dahulu dan pengeluaran uang diproses mengikuti prosedur perusahaan
2)      Semua transaksi mengkuti tata cara yang sesuai dengan tingkat kecepatan yang deitentukan oleh perusahaan dan stándar pelayanan kepada pelanggan

       
I.      Tujuan Pembelajaran       :

Siswa didik dapat              :
1)      Mencatat transaksi dari jurnal ke buku besar
2)      Membuat neraca saldo

II.   Materi Ajar           :          
·           Pemindahbukuan transaksi dari jurnal ke buku besar
·           Pembuatan neraca saldo

 
V.                                                                                    Metode Belajar             :           Terpadu
                                               Pendekatan : CTL (Constextual Teaching and Learninng)
                                               Metode        : ceramah, Tanya jawab, diskusi, unjuk kerja & penugasan

VI.    Langkah Pembelajaran    


Pertemuan 10
Pemindahbukuan transaksi dari jurnal ke buku besar


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o    siswa didik dikondisikan agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, mengecek tugas dsb.
o   mereview materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o   memberitahukan kepada siswa tentang materi  apa yang akan dipelajari dan keuntungan apa yang akan diperoleh di masa depan dengan mempelajari materi ini
o   15’
Pendekatan CTL

Tany;a jawab


Kegiatan inti
Eksplorasi :
Siswa diajak berdiskusi dan mengkaji tentang:
o   Pemindahbukuan ayat jurnal debit atau kredit dari jurnal umum ke masing-masing perkiraan yang dipengaruhi di buku besar
Elaborasi :
o   siswa membentuk kelompok kecil (4 orang) dan  diberikan jurnal umum untuk diposting ke dalam buku besar
o   satu orang  wakil kelompok  mempresentasikan hasil kerjanya untuk dikoreksi bersama oleh kelompok lain
Konfirmasi
o   Guru menjadi mediator antar kelompok penyaji dan kelompok yang menanggapi
o   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang hasil kerjanya bagus dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi kelompok yang hasil kerjanya kurang bagus

o   650’

Tanya jawab

Ceramah








Diskusi










Kegiatan Akhir
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
o   guru memberikan kesimpulan sehubungan dengan materi
o   10 ’
Penugasan

Ceramah



Pertemuan 11
 Pembuatan neraca saldo

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o    siswa didik dikondisikan agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, mengecek tugas dsb.
o   mereview materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o   memberitahukan kepada siswa tentang materi  apa yang akan dipelajari dan keuntungan apa yang akan diperoleh di masa depan dengan mempelajari materi ini
.
o   15’
Pendekatan CTL

Tany;a jawab


Kegiatan inti
Eksplorasi :
Siswa diajak berdiskusi dan mengkaji tentang:
·         Pengertian dari neraca saldo
·         Tujuan dibuatnya neraca saldo
·         Cara menyusun neraca saldo
Elaborasi :
o   Siswa    dikelompokkan menjadi kelompok2 kecil masing2 4 orang, Setiap kelompok diberi tugas untuk menyusun neraca saldo dari buku besar yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.
o   Guru meminta salah satu siswa  untuk mempresentasikan hasil kerjanya ke papan tulis dan dikoreksi bersama.

Konfirmasi
o   Guru  menjadi fasilitator bila siswa menemui kesulitan dalam memecahkan soal
o   Guru memberikan pada siswa yang hasil kerjanya benar dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi siswa yang hasil kerjanya belum benar


o   650’

Ceramah
Memberi contoh




Unjuk kerja
Diskusi







Ceramah
Tanya jawab

Kegiatan Akhir
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
o   guru memberikan kesimpulan /sehubungan dengan materi
o   10 ’
Penugasan

Ceramah




V.
Alat, Bahan dan Sumber belajar :

A.
Alat ; Papan tulis, Alat tulis, Komputer, Printer, LCD Proyektor

B.
Bahan : Kertas, tinta dan paket soal

C.
Sumber Belajar :
· Akuntansi untuk SMTA Buku 1, Soemarso SR & Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta, 1993,
· Modul Mengelola dana kas kecil, Dwi Wahyuni, SPd., SMK N 3 Ska
· Buku lain yang relevan

VI.
Penilaian / Evaluasi :

A.





B.
Evaluasi utama
Kisi-kisi soal / Analisis soal
Naskah soal
Norma penilaian
Analisis Nilai
( terlampir)
Evaluasi Remidiasi
Kisi-kisi soal / Analisis soal
Naskah soal
Norma penilaian
Analisis Nilai
( terlampir)





    VII.
Pengayaan :
Program pengayaan : pembelajaran teman sebaya


VIII.
1.
Tugas terstruktur :
Soal-soal untuk dikerjakan di rumah:

1.      bagaimana cara memindahbukukan dari jurnal umum ke perkiraan yang bersangkutan di buku besar?
2.      mengapa tidak semua perkiraan yang ada di bagan perkiraan tercantum dalam neraca saldo?
3.      bagaimana angka-angka dalam neraca saldo diperoleh?
4.      mengapa waoaupun neraca saldo telah seimbang, tetapi hal itu belum menjamin bahwa pencatatan akuntansi telah dilakukan dengan benar?


2.
Tugas  Mandiri
Mencari contoh Neraca saldo di internet  untuk diamati dan dianalisa.



Mengetahui
Kepala Sekolah,




Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,    Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,





Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           

Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / Gasal
Alokasi waktu                       :   6 jam @ 45’
Pertemuan ke-                       :   12,13,14
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Mempersiapkan administrasi kas kecil
Sub Kompetensi                               1.1  Pemrosesan data transaksi kuangan
Indikator                                :  
1)        Apabila diperlukan pembayaran, dokumennya diperiksa terlebih dahulu dan pengeluaran uang diproses mengikuti prosedur perusahaan
2)        Semua transaksi mengkuti tata cara yang sesuai dengan tingkat kecepatan yang deitentukan oleh perusahaan dan stándar pelayanan kepada pelanggan

       
III.Tujuan Pembelajaran       :

Siswa didik dapat              :
1)      Menjelaskan tentang jurnal penyesuaian
2)      Meneliti neraca saldo dan menentukan jurnal penyesuaian yang diperlukan
3)      Membuat ayat jurnal penyesuaian

IV. Materi Ajar           :          
  • Deskripsi tentang jurnal penyesuaian
  • Pembuatan ayat jurnal penyesuaian
 
VII.                                                                                    Metode Belajar             :           Terpadu
                                               Pendekatan : CTL (Constextual Teaching and Learninng)
                                               Metode        : ceramah, Tanya jawab, diskusi, unjuk kerja & penugasan

VIII.    Langkah Pembelajaran    


Pertemuan 12
Deskripsi Jurnal penyesuaian


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o    siswa didik dikondisikan agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, mengecek tugas dsb.
o   mereview materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o   memberitahukan kepada siswa tentang materi  apa yang akan dipelajari dan keuntungan apa yang akan diperoleh di masa depan dengan mempelajari materi ini



o   15’
Pendekatan CTL

Tany;a jawab


Kegiatan inti
Eksplorasi :
Siswa diajak berdiskusi dan mengkaji tentang:
o   Pengertian jurnal penyesuaian
o   Penelitian  neraca saldo dan menentukan jurnal penyesuaian yang diperlukan
Elaborasi :
o   siswa membentuk kelompok kecil (4 orang) dan  diberikan contoh neraca saldo untuk diteliti dan ditentukan jurnal penyesuaian yang diperlukan
o   satu orang  wakil kelompok  mempresentasikan hasil kerjanya untuk dikoreksi bersama oleh kelompok lain
Konfirmasi
o   Guru menjadi mediator antar kelompok penyaji dan kelompok yang menanggapi
o   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang hasil kerjanya bagus dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi kelompok yang hasil kerjanya kurang bagus

o   650’

Tanya jawab

Ceramah








Diskusi










Kegiatan Akhir
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
o   guru memberikan kesimpulan sehubungan dengan materi
o   10 ’
Penugasan

Ceramah



Pertemuan 13
 Membuat jurnal penyesuaian

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o    siswa didik dikondisikan agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, mengecek tugas dsb.
o   mereview materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o   memberitahukan kepada siswa tentang materi  apa yang akan dipelajari dan keuntungan apa yang akan diperoleh di masa depan dengan mempelajari materi ini
.
o   15’
Pendekatan CTL

Tany;a jawab


Kegiatan inti
Eksplorasi :
Siswa diajak berdiskusi dan mengkaji tentang:
·         Membuat jurnal penyesuaian terhadap neraca saldo yang telah disusun
Elaborasi :
o   Siswa    dikelompokkan menjadi kelompok2 kecil masing2 4 orang, Setiap kelompok diberi tugas untuk menyusun neraca saldo dari buku besar yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.

o   Guru meminta salah satu siswa  untuk mempresentasikan hasil kerjanya ke papan tulis dan dikoreksi bersama.

Konfirmasi
o   Guru  menjadi fasilitator bila siswa menemui kesulitan dalam memecahkan soal
o   Guru memberikan pada siswa yang hasil kerjanya benar dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi siswa yang hasil kerjanya belum benar


o   650’

Ceramah
Memberi contoh




Unjuk kerja
Diskusi







Ceramah
Tanya jawab

Kegiatan Akhir
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
o   guru memberikan kesimpulan /sehubungan dengan materi
o   10 ’
Penugasan

Ceramah




V.
Alat, Bahan dan Sumber belajar :

A.
Alat ; Papan tulis, Alat tulis, Komputer, Printer, LCD Proyektor

B.
Bahan : Kertas, tinta dan paket soal

C.
Sumber Belajar :
· Akuntansi untuk SMTA Buku 1, Soemarso SR & Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta, 1993,
· Modul Mengelola dana kas kecil, Dwi Wahyuni, SPd., SMK N 3 Ska
· Buku lain yang relevan

VI.
Penilaian / Evaluasi :

A.





B.
Evaluasi utama
Kisi-kisi soal / Analisis soal
Naskah soal
Norma penilaian
Analisis Nilai
( terlampir)
Evaluasi Remidiasi
Kisi-kisi soal / Analisis soal
Naskah soal
Norma penilaian
Analisis Nilai
( terlampir)





     VII.
Pengayaan :
Program pengayaan : pembelajaran teman sebaya


VIII.
1.
Tugas terstruktur :
Soal-soal untuk dikerjakan di rumah:

5.      bagaimana cara memindahbukukan dari jurnal umum ke perkiraan yang bersangkutan di buku besar?
6.      mengapa tidak semua perkiraan yang ada di bagan perkiraan tercantum dalam neraca saldo?
7.      bagaimana angka-angka dalam neraca saldo diperoleh?
8.      mengapa waoaupun neraca saldo telah seimbang, tetapi hal itu belum menjamin bahwa pencatatan akuntansi telah dilakukan dengan benar?


2.
Tugas Mandiri
Mencari contoh Neraca saldo di internet



Mengetahui
Kepala Sekolah,




Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,    Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,





Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           

Nama Sekolah                       :   SMK Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran                       :   Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
Kelas / Semester                    :   XI / Gasal
Alokasi waktu                       :   6 jam @ 45’
Pertemuan ke-                       :   15,16,
Standar Kompetensi              :   Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar                 :   1.    Mempersiapkan administrasi kas kecil
Sub Kompetensi                               1.1  Pemrosesan data transaksi kuangan
Indikator                                :  
Semua transaksi mengkuti tata cara yang sesuai dengan tingkat kecepatan yang deitentukan oleh perusahaan dan stándar pelayanan kepada pelanggan

V.     Tujuan Pembelajaran            :

Siswa didik dapat                    :
1.      Menjelaskan Kegunaan Neraca Lajur
2.      Membuat dan mengisi kolom-kolom neraca lajur
VI.     Materi Ajar    :          
·         Deskripsi tentang kegunaan Neraca Lajur
·         Pembuaatan dan pengisian kolom- kolom Neraca Lajur
 
IX.   Metode Belajar                        :   Terpadu
                                               Pendekatan : CTL (Constextual Teaching and Learninng)
                                               Metode        : ceramah, Tanya jawab, diskusi, unjuk kerja & penugasan

X.      Langkah Pembelajaran        
Pertemuan 15
Neraca Lajur


Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o    siswa didik dikondisikan agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, mengecek tugas dsb.
o   mereview materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
o   memberitahukan kepada siswa tentang materi  apa yang akan dipelajari dan keuntungan apa yang akan diperoleh di masa depan dengan mempelajari materi ini
o   15’
Pendekatan CTL

Tany;a jawab


Kegiatan inti
Eksplorasi :
Siswa diajak berdiskusi dan mengkaji tentang:
o   Pengertian dan kegunaan Neraca Lajur
o   Cara pembuatan dan pengisian Kolom-Kolom Neraca Lajur


Elaborasi :
o   siswa membentuk kelompok kecil (4 orang) dan   diminta untuk membuat dan mengisi Neraca Lajur berdasarkan data yang dimiliki pada pembelajaran sebelumnya
o   Pekerjaan yang belum selesai diselesaikan di rumah dan dipresentasikan pada pertemuan yang akan datang
Konfirmasi
o   Guru menjadi fasilitator apabila siswa memerlukan bimbingan dalam mengerjakan


o   650’

Tanya jawab

Ceramah








Diskusi










Kegiatan Akhir
o   guru memberikan kesimpulan sehubungan dengan materi
o   Pekerjaan yang belum selesai diselesaikan di ruman
o   10 ’
Ceramah

Penugasan



Pertemuan 16
Neraca Lajur

Tahapan Kegiatan
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode pembelajaran
Kegiatan awal
o    siswa didik dikondisikan agar terfokus pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh: menanyakan kabar, mengecek kehadiran, mengecek tugas dsb.
o   mereview materi pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
.
o   15’
Pendekatan CTL

Tany;a jawab


Kegiatan inti
Eksplorasi :
·         Meminta siswa mengungkapkan kesulitan pada saat menyelesaikan pembuatan neraca lajur di rumah
·         Mendiskusikan tentang solusi terhadap kesulitan yang ditemui
Elaborasi :
o   Guru meminta salah satu siswa  untuk mempresentasikan hasil kerjanya dalam pembuatan neraca lajur ke papan tulis dan dikoreksi bersama.

Konfirmasi
o   Guru  menjadi fasilitator bila siswa menemui kesulitan dalam penyelesaian neraca lajur
o   Guru memberikan penghargaan pada siswa yang hasil kerjanya benar dan memberikan bimbingan untuk penyempurnaan bagi siswa yang hasil kerjanya belum benar


o   650’

Ceramah
Memberi contoh




Unjuk kerja
Diskusi







Ceramah
Tanya jawab

Kegiatan Akhir
o   Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
o   guru memberikan kesimpulan /sehubungan dengan materi
o   10 ’
Penugasan

Ceramah




V.
Alat, Bahan dan Sumber belajar :

A.
Alat ; Papan tulis, Alat tulis, Komputer, Printer, LCD Proyektor

B.
Bahan : Kertas, tinta dan paket soal

C.
Sumber Belajar :
· Akuntansi untuk SMTA Buku 1, Soemarso SR & Amir Abadi Jusuf, Salemba Empat, Jakarta, 1993,
· Modul Mengelola dana kas kecil, Dwi Wahyuni, SPd., SMK N 3 Ska
· Buku lain yang relevan

VI.
Penilaian / Evaluasi :

A.





B.
Evaluasi utama
Kisi-kisi soal / Analisis soal
Naskah soal
Norma penilaian
Analisis Nilai
( terlampir)
Evaluasi Remidiasi
Kisi-kisi soal / Analisis soal
Naskah soal
Norma penilaian
Analisis Nilai
( terlampir)

VII.
Pengayaan :
Program pengayaan : pembelajaran teman sebaya


VIII
1.
Tugas terstruktur :
Soal-soal untuk dikerjakan di rumah dari buku pegangan anak,

2.
Tugas Mandiri




Mengetahui
Kepala Sekolah,




Dra Sri Haryanti, MM
NIP. 19580819 198603 2 005
Surakarta,    Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,





Dwi Wahyuni, SPd.
NIP. 19730202 199803 2 009

1 komentar: